Kamu Harus Tahu: Berikut Kata Sandi Paling Sering Dipakai Oleh Pengguna Internet Yang Rentan Diretas

Kamu Harus Tahu: Berikut Kata Sandi Paling Sering Dipakai Oleh Pengguna Internet Yang Rentan Diretas
Praktik kata sandi (Password ) yang baik adalah landasan menjaga diri Anda terlindungi secara online.

Dan seperti yang banyak terjadi, terlalu banyak penggunaan media sosial atau mereka yang suke berselancar dengan internet menggunakan kata sandi yang mudah di retas (atau mudah di Hack ) untuk akun mereka.

Sebuah survei oleh National Cyber ​​Security (NCSC) menemukan bahwa banyak pengguna internet tidak tahu cara terbaik untuk melindungi diri dari kejahatan dunia maya.
Hanya 15% mengatakan mereka tahu 'banyak' tentang cara melindungi diri dari aktivitas online yang berbahaya, sementara kurang dari setengahnya mengatakan mereka selalu menggunakan kata sandi yang kuat dan terpisah untuk akun email utama mereka.

Temuan ini dirilis menjelang konferensi CyberUK 2019 NCSC di Glasgow, yang akan digunakan untuk menginformasikan kebijakan pemerintah dan panduan yang ditawarkannya kepada pembisnis dan publik. Penelitian ini juga memasukkan daftar kata sandi yang paling umum digunakan secara global, menyoroti jumlah log-in yang mudah ditebak yang masih banyak digunakan.


Beberapa Contoh kata sandi yang sering digunakan adalah :
Salah satu kata sandi tersebut yakni '123456'.
NCSC menemukan 23,2 juta akun di seluruh dunia menggunakan kata sandi '123456'. Selain itu ada 7,7 juta akun menggunakan kata sandi hampir semua numerik yakni '123456789'.

Lalu, sebanyak 3,8 juta pengguna menggunakan kata sandi 'qwerty', 3,6 juta lainnya menggunakan kata sandi 'password' dan 3,1 juta menggunakan kata sandi '111111'.

Kata sandi 'iloveyou', 'monkey' dan 'dragon' juga masuk jajaran teratas kata sandi yang paling sering digunakan. Sementara 'myspace1' berada di peringkat 26 dengan pengguna sebanyak 735.980, kata sandi itu terindikasi digunakan untuk sosial media MySpace.

Untuk penggunaan nama sebagai kata sandi, sekitar 400 ribu pengguna internet paling umum menggunakan nama 'ashley' dan 'michael'. Sedangkan nama 'daniel', 'jessica' dan 'charlie' digunakan oleh 300 ribu pengguna.

Nama band termasuk kata sandi yang sering digunakan, seperti kata sandi 'blink182' dengan 285.706 pengguna. Nama musisi lainnya seperti '50cent', 'eminem', 'metallica' dan 'slipknot' digunakan lebih dari 140 ribu pengguna.


Beralih ke tim olahraga, Liverpool salah satu klub sepak bola yang berlaga di Liga Premier Inggris paling banyak digunakan yakni sekitar 280.723 orang. Selain Liverpool, klub sepak bola asal Inggris lainnya yakni 'chelsea', 'arsenal, 'manutd, dan 'everton' juga masuk jajaran kata sandi yang paling sering digunakan.

Direktur teknis NCSC, Dr Ian Levy mengatakan: ‘Kami memahami bahwa keamanan siber dapat terasa menakutkan bagi banyak orang, tetapi National Cyber ​​Security Center telah menerbitkan banyak saran yang mudah diterapkan untuk membuat Anda jauh lebih rentan. ‘Penggunaan kembali kata sandi adalah risiko besar yang dapat dihindari - tidak seorang pun harus melindungi data sensitif dengan sesuatu yang dapat ditebak, seperti nama depan, tim sepak bola lokal, atau band favorit mereka.

 ‘Menggunakan kata sandi yang sulit ditebak adalah langkah pertama yang kuat dan kami sarankan untuk menggabungkan tiga kata acak namun mudah diingat.
Buatlah kata sandi yang kreatif dan gunakan kata-kata yang berkesan bagi Anda, sehingga orang tidak dapat menebak kata sandi Anda. ’

0 Response to "Kamu Harus Tahu: Berikut Kata Sandi Paling Sering Dipakai Oleh Pengguna Internet Yang Rentan Diretas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel