Puluhan Juta Data Pribadi Pengguna Instagram Bocor, kok Bisa?

Puluhan Juta Data Pengguna Instagram Bocor
Instagram/Pixabay

Laporan tentang bocornya data akun Instagram pertama kali disampaikan oleh pengamat keamanan siber Anurag Sen.

Dalam pernyataannya,ia mengungkapkan bahwa database yang dikumpulkan diduga berisi nomor telepon, email dan informasi pribadi lain milik pengguna Instagram.

Masalah Privacy dan keamanan data penggunan media sosial yang kembali bocor ini menimpa jutaan pemilik akun Instagram yang dikelola dan disimpan dalam database online oleh sebuah perusahaan pemasaran India, Chtrbox.

Baca Juga : Inilah Sebabnya Kenapa Kamu Harus Mengubah Kata Sandi Akun Instagram mu Sekarang Juga

Dilansir TechCrunch pada hari Selasa kemarin (21 mei), mayoritas yang menjadi korban ialah data akun milik brand-brand populer, influencer, selebgram hingga akun public figure. Ini tak heran, karena Chtrbox merupakan perusahaan pemasaran yang membayar banyak influencer untuk memosting iklan di akun mereka.

Chtrbox memeroleh data untuk menghitung pembayaran yang sesuai kepada pemegang akun Instagram untuk konten yang disponsori. Oleh karena itu, mereka memiliki informasi pribadi dari akun-akun yang dikelola,sperti yang katakan Anurag.

"Kami sedang mempelajari masalah ini untuk memahami apakah data yang dijelaskan, termasuk email dan nomor telepon, berasal dari Instagram atau dari sumber lain. Kami juga meminta Chtrbox untuk memahami dari mana data ini berasal dan bagaimana data itu tersedia untuk umum," ungkap juru bicara Facebook terakit kasus kebocoran tersebut.

Credit: Techcrunch,JPNN

0 Response to "Puluhan Juta Data Pribadi Pengguna Instagram Bocor, kok Bisa?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel