Cara Backup dan mengembalikan obrolan WhatsApp di Smartphone Android

Cara Backup dan mengembalikan obrolan WhatsApp di Smartphone Android
whatsapp
WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan sosial paling populer di dunia. Orang-orang dari berbagai kelompok umur ,pekerjaan hingga dan zona waktu menggunakan aplikasi perpesanan sosial milik Facebook ini untuk mengobrol dengan keluarga dan teman-teman mereka dan berbagi momen spesial mereka seperti bentuk pesan teks, video, foto, dan update Status layaknya Facebook.

Namun,tidak menutup kemungkinan momen yang kamu bagikan atau jejak obrolanmu bisa hilang sewaktu-waktu loh.
Hal itu bsa diakibatkan karena anda telah telah membeli handphone baru atau karena serangan malware (virus) yang saat ini banyak dialami oleh pengguna whatsapp.

Karena kedua hal tersebut, semua jejak atau History obrolan anda dengan teman , keluarga, relasi bisnis atau kekasih anda akan hilang tanpa pemberi tahuan , dan jelas hal itu bisa membuat anda frustasi bukan?!

Namun, anda tidak perlu khawatir , hal itu bisa dicegah kok dengan anda membuat cadangan obrolan WhatsApp ( Backup)  dan mengembalikannya ke smartphone baru semudah Anda melakukan percakapan itu.

Jika Anda memiliki ponsel cerdas Android, hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah bahwa permainan cadangan Anda sudah ada. Ini berarti Anda membuat cadangan semua obrolan WhatsApp Anda secara teratur sehingga Anda dapat memulihkannya saat diperlukan.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat cadangan obrolan ( Backup) WhatsApp di ponsel pintar Android Anda:


  • Buka WhatsApp di ponsel pintar Android Anda dan ketuk tiga titik di sudut kanan atas.
  • Ketuk pada 'Pengaturan' atau 'Settings'  dan kemudian pada Obrolan untuk membuka ' pengaturan obrolan' atau 'Chat Settings'.
  • lalu ketuk opsi 'Cadangan Obrolan' atau 'Chat Backup Option'.
  • Di Pengaturan Google Drive, ketuk pada Cadangkan ke opsi 'Google Drive'.
    (Jika anda sudah klik opsi ini , disana akan terdapat frekuensi Cadangan atau Backup sesuai yang kamu inginkan.)
  • Ambil frekuensi cadangan yang cocok untuk Anda, saran saya sebaiknya pilih 'setiap hari' atau "Everyday".
  • Sekarang, di bawah opsi Pencadangan, Anda dapat memilih apakah Anda ingin pencadangan (Backup) dilakukan hanya ketika Anda terhubung ke Wi-Fi atau tidak , pilih sesuai keinginan anda.
  • Anda juga dapat beralih opsi Sertakan Video untuk memastikan bahwa semua video Anda aman.
  • Terakhir tekan opsi Cadangan/Backup untuk menyimpan semua obrolan Anda ke Google Drive.


Catatan: 
Google Drive memberi Anda ruang 17GB untuk menyimpan data di cloud secara gratis. Tetapi itu tidak termasuk cadangan WhatsApp Anda.

 "Pencadangan (backup) WhatsApp tidak lagi diperhitungkan dalam kuota penyimpanan Google Drive," tulis WhatsApp di halaman FAQ untuk Memulihkan riwayat obrolan Anda.

Artinya, Anda tidak perlu khawatir memenuhi ruang Google Drive Anda.

Sekarang, semua obrolan Anda telah disimpan dengan aman di Google Drive, mari kita bicara tentang mengembalikan obrolan Anda kembali ke smartphone Android Anda.

Ketika Anda mengubah ponsel cerdas Anda dan memasang WhatsApp di ponsel cerdas baru Anda, setelah Anda menginstal dan masuk ke akun WhatsApp Anda menggunakan nomor WhatsApp terdaftar Anda yang sama, prompt WhatsApp akan memberi Anda opsi untuk memulihkan obrolan WhatsApp Anda.
Cukup ikuti langkah-langkah ini untuk memulihkan riwayat obrolan WhatsApp Anda:


  • Prompt akan meminta Anda menemukan dan memulihkan cadangan dari Google Drive. Yang perlu Anda lakukan adalah mengetuk 'Lanjutkan' atau 'Continue'.
  • Sekarang ketuk Beri Izin atau Allow untuk memungkinkan WhatsApp memeriksa Google Drive untuk cadangan.
  • Sekarang ketuk pada akun yang berisi cadangan WhatsApp Anda.
  • Ketuk Restore.


Atau, Anda juga dapat mengembalikan riwayat obrolan WhatsApp Anda dengan mencari cadangan WhatsApp Anda baru-baru ini di Google Drive dan memulihkannya jika Anda menginstal ulang WhatsApp di ponsel cerdas Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel