Cara Cek IMEI Smartphone Apakah Terdaftar Dalam Database Kemenperin atau Tidak

Cara Cek IMEI Smartphone Apakah Terdaftar Dalam Database Kemenperin atau Tidak
Credit:hariankartini.com
Kementrian Perindustrian (Kemenperin) telah menyediakan situs khusus untuk mengecek IMEI smartphone agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik.

Diberitakan sebelumnya , situs ini dibuat lantaran Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menegaskan bakal memblokir peredaran ponsel ilegal atau smartphone black market ( BM) di Indonesia melalui nomor IMEI tersebut.

Dengan mengunjungi halaman URL https://imei.kemenperin.go.id/ kemudian memasukan nomor IMEI smartphone mu , maka jika nomor IMEI sebuah smartphone tak terdaftar pada database tersebut, kemungkinan besar ilegal , walau tidak semua.

Seperti yang diketahui ,pemerintah Indonesia melalui kementerian yang terlibat, yakni Kemenperin, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) masih menggodok regulasi pemblokiran smartphone black market.

Meski peraturannya baru akan ditandatangani pada 17 Agustus mendatang, Dirjen SDPPI Ismail memprediksi bahwa butuh waktu sekitar enam bulan setelah kebijakan diteken untuk kemudian diimplementasikan.

Artinya jika penandatanganan kebijakan sesuai dengan jadwal, yakni 17 Agustus, pemblokiran ponsel black market akan dimulai pada 17 Februari 2020, seperti diberitakan oleh Kompas Tekno.

Bagaimana cara mengecek IMEI di smartphone?
Bagaimana Mengetahui Apakah Smartphone yang kita gunakan saat ini terdaftar (resmi) atau tidak? 

Tapi sebelumnya , kita akan membahas masalah Apa itu IMEI.
Menurut Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Ismail MT, International Mobile Equipment Identity atau IMEI adalah nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen Smartphone atau Handphone.

Serial ini serupa dengan nomor MEID untuk perangkat CDMA.
Menurutnya , Lantaran nomor ini dikeluarkan untuk tiap slot SIM, maka pada perangkat dengan slot kartu SIM ganda, maka satu Smartphone akan memiliki dua nomor IMEI.

Nomor IMEI ini unik, sehingga jika dikeluarkan secara legal, satu nomor seri akan berbeda dengan yang lain. Salah satu nomor seri yang berisi 14 hingga 15 digit ini akan berisi informasi tipe ponsel.

Sudah paham apa itu IMEI?, sekarang kita ke langkah Bagaimana cara mengecek IMEI di smartphone dan mengetahui apakah IMEI kita terdaftar atau Ilegal.

Caranya sangat gampang, langkah pertama untuk mengetahui IMEI pada semua jenis Smartphone adalah :

  • Tekan tombol *#06# pada keyboard smartphone mu.
    Setelah itu akan muncul rincian nomor IMEI dan serial ponsel.
  • Kemudian kamu pergi ke situs Kemenperin di https://imei.kemenperin.go.id/ untuk mengecek apakah IMEI smartphone mu itu terdaftar atau tidak melalui halaman website kemenperin tersebut.
  • Pada kolom Kosong , masukkan 15 digit nomor IMEI dari smartphone mu yang muncul tadi, kemudian tekan tombol "simpan" atau tanda "  🔍 ".
    Jika IMEI smartphone mu terdaftar, tampilan yang akan muncul adalah sebagai berikut:
    Cara Cek IMEI Smartphone Apakah Terdaftar Dalam Database Kemenperin atau Tidak
    Credit:hariankartini.com

    Sementara jika tidak terdaftar, halaman akan memberi keterangan bahwa nomor IMEI tersebut tidak ada dalam database Kemenperin , seperti dibawah ini :
    Cara Cek IMEI Smartphone Apakah Terdaftar Dalam Database Kemenperin atau Tidak
    Credit:hariankartini.com




0 Response to "Cara Cek IMEI Smartphone Apakah Terdaftar Dalam Database Kemenperin atau Tidak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel